Rabu, 17 November 2010

GERBANG EMAS JAKARTA SELATAN

GERBANG EMAS (Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat)

Sebagaimana diketahui bahwa Visi Kabupaten Sintang adalah" Terwujudnya Masyarakat Kabupaten sintang Yang produktif, Berkualitas, Sejahtera dan Demokratis" yang kemudian dioperasionalisasikan dalam Misi Pembangunan Kabupaten Sintang Tahun 2006-2010, yaitu:
  • Memberdayakan potensi usaha ekonomi kerakyatan yang mengarah pada kemampuan produksi dan pemasaran.
  • Meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan usaha produktif.
  • Melaksanakan pembangunan daerah yang serasi dan seimbang dengan memacu pertumbuhan ekonomi dan didukung dengan percepatan pembangunan infrastruktur.
  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur transportasi secara terpadu dan menyeluruh.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup, serta pembinaan generasi muda, seni budaya dan kegiatan keagamaan.
  • Meningkatkan pelayanan publik dengan memperhatikan tuntutan dan dinamika masyarakat dalam suasana demokratisasi, desentralisasi, dan otonomi daerah.
  • Menerapkan asas, prinsip, standar dan pola penyelenggaraan pelayanan publik.
  • Menegakkan supremasi hukum dan HAM.
Berdasarkan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Visi dan Misi tersebut, maka untuk mewujudkannya ditempuh melalui 4 (empat) Strategi Pokok Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang yang antara lain: Pemenuhan Kebutuhan Dasar (Human Basic Needs Strategi), Strategi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar (Basic Infrastructure Development Strategi), Strategi Perluasan Investasi (investment Development strategy) dan Strategi penciptaan Kesempatan Kerja (Creating Productive Employment Strategy).

Terkait dengan upaya pencapaian Visi, Misi dan Strategi tersebut ada 4 (empat) agenda pokok Pembangunan Kabupaten sintang Tahun 2006-2010, yaitu:
  1. Agenda mewujudkan masyarakat Kabupaten SINTANG yang Produktif.
  2. Agenda mewujudkan masyarakat Kabupaten SINTANG yang Berkualitas.
  3. Agenda mewujudkan masyarakat Kabupaten SINTANG yang Sejahtera.
  4. Agenda mewujudkan masyarakat Kabupaten SINTANG yang Demokratis.
Dalam upaya mewujudkan masyarakat kabupaten sintang yang produktif, berkualitas, sejahtera dan demokrastis dibutuhkan langkah-langkah yang lebih konkrit dan langsung menyentuh kepada kepentingan publik (masyarakat kabupaten sintang khususnya) melalui suatu aksi atau gerakan yang sistematis dan komprehensif. Gerakan tersebut dimanifestasikan dalam bentuk kebijakan Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat ( GERBANG EMAS).

Apa itu GERBANG EMAS ?

Gerakan Pembangunan Ekonomi Masayarakat (GERBANG EMAS) merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama-sama seluruh komponen masyarakat dalam rangka meningkatkan aksesibilitas terhadap pemanfaatan dan pengembangan sumberdaya - sumberdaya ekonomi secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan kapasitas ekonomi, sosial dan lingkungan fisik.

GERBANG EMAS merupakan suatu kebijakan yang berpihak kepada masyarakat miskin dan tertinggal (Pro Poor Policy) agar dapat maju berkembang dan sejahtera ( Pro Growth Policy). Dalam implementasinya gerakan ini dilandasi oleh prinsip-prinsip pemberdayaan, partisipasi dan kesetaraan. Sedangkan pendekatan dalam pelaksanaannya dilakukan secara menyeluruh (comprehensif) meliputi seluruh aspek kehidupan yang menjadi kebutuhan masyarakat setempat berdasarkan konsep dari, oleh, dan untuk masyarakat (DOUM), dan terpadu (Integr ated) yang meliputi keterpaduan antara kebijakan dan aspirasi masyarakat dalam aspek perencanaan, keterpaduan berupa sinkronisasi kegiatan, keterpaduan antar wilayah, keterpaduan antar berbagai sumberdaya dan keterpaduan dalam pelaksanaannya.

Kebijakan Gerbang Emas, pada tataran implementasinya dituangkan dalam bentuk Program yang dikenal dengan sebutan JAKARTA SELATAN ( kependekan dari : Jalan, Karet, Tanaman Pangan, Sekolah dan Kesehatan). Penjelasan terhadap program Jakarta Selatan adalah sebagai berikut:
  1. Jalan, merupakan simbol infrastruktur yang harus dibangun, diperbaiki dan dibenahi dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Jalan sebagai simbol yang juga mewakili infrastruktur lainnya berupa jembatan, pelabuhan sungai, bandar udara, serta infrastruktur yang terkait dengan barang dan jasa.
  2. Karet, merupakan simbol yang mewakili perkebunan dan kehutanan. Pembenahan sektor perkebunan di titik beratkan pada perkebunan rakyat melalui penerapan teknologi dan bibit unggul. Sedangkan pada sektor kehutanan, yang menjadi perhatian dalam program ini terutama pengembangan hutan rakyat dan tanaman industri melalui kearifan lokal yaitu memanfaatkan lahan dengan cara menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomi produktif seperti: gaharu, meranti, dan buah-buahan lokal ( durian, kemantan, cempedak, rambutan dan sebagainya).
  3. Tanaman Pangan, merupakan simbul yang mewakili pertanian secara umum seperti tanaman padi, palawija, perikanan dan peternakan.
  4. Sekolah, merupakan simbol yang mewakili pembangunan dibidang pendidikan, dalam rangka mencetak SDM yang berkualitas dan memiliki keunggulan kompetitif.
  5. Kesehatan, merupakan simbol yang mewakili "gaya hidup sehat". yang menjadi titik perhatian program ini adalah pengembangan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat serta mensosialisasikan kepada masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.

1 komentar:

  1. Gerakan Pembangunan Ekonomi Masayarakat : (GERBANG EMAS)
    merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama-sama seluruh komponen masyarakat dalam rangka meningkatkan aksesibilitas terhadap pemanfaatan dan pengembangan sumberdaya - sumberdaya ekonomi secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan kapasitas ekonomi, sosial dan lingkungan fisik.

    BalasHapus