Senin, 09 Januari 2012

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas, pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telingan Anda. Sungai terpanjang di Indonesia ini berada di pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan. Panjang sungai ini mencapai 1.143 km. Dengan berbagai kelebihannya, Sungai Kapuas menjadi jalur utama dan pusat perdagangan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Menyusuri sungai ini dengan perahu sewaan, terlebih saat pagi dan sore hari, akan membawa Anda menikmati pemandangan yang menakjubkan. Rumah-rumah penduduk yang tersusun rapi di sisi kanan dan kiri sungai ditambah berbagai aktivitas masyarakat sekitar dapat Anda saksikan langsung. Jangankan menelusuri sungai dengan perahu, hanya duduk-duduk di tepian dermaga-dermaga kapal saja Anda sudah bisa menyaksikan keelokan pemandangannya.
Bagi Anda penyuka olahraga memancing, Anda bisa mencoba peruntungan di sungai ini. Memiliki habitat lebih dari 300 jenis ikan membuat Sungai Kapuas menjadi spot memancing favorit di Kota Pontianak.
Di sungai ini, terdapat sebuah pasar yang berada di tepi sungai. Pasar tersebut bernama Pasar Kapuas Besar. Pasar ini menjadi salah satu atraksi wisata paling menarik di Kota Pontianak. Waktu terbaik untuk menyaksikan transaksi jual beli di pasar tradisional ini adalah pada sekitar pukul 5 hingga 8 pagi.
Dari Kota Pontianak untuk menyusuri sungai ini bisa melalui jalan Gajah Mada, kemudian menggunakan kendaraan bermotor, sperti angkutan umum, ke arah Tanjung Hilir. Titik pemberhentian bagi wisatawan adalah di Keraton Kadriyan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar